Senin, 15 Februari 2010

KILAT

Dia-lah Tuhan yang memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkan ketakutan dan harapan,
dan Dia Mengadakan awan mendung. ( QS 13 : 12 )


Kilat terjadi ketika akan hujan atau pada saat hujan turun. Kilat terjadi karena ada aliran listrik dari awan ke bumi. Kilat tampak berupa cahaya kemudian diikuti suara petir yang menggelegar.
Sebenarnya antara cahaya kilat dan bunyi petir muncul secara bersamaan tetapi keduanya sampai di bumi dalam waktu yang tidak bersamaan karena kecepatan cahaya lebih besar dari kecepatan bunyi.

Pada ayat di atas Allah berfirman bahwa kilat diperlihatkan untuk menimbulkan ketakutan dan harapan, mengapa demikian. Tidak perlu diperdebatkan bahwa cahaya kilat yang tajam kemudian diiringi suara petir yang menggelagar memang menyebabkan ketakutan. Tentang harapan yang datang dengan adanya kilat, apa maksudnya ?

Setelah tampak kilat biasanya turun hujan, hujan merupakan rahmat yang ditunggu kehadirannya oleh banyak orang terutama para petani. Sehingga adanya kilat berarti ada harapan untuk turun hujan. Di samping itu, komponen utama atmosfir bumi kita terdiri dari gas nitrogen ( N2 ) sekitar 78 % dan oksigen ( O2 ) sekitar 20 % dan gas - gas lain dalam jumlah yang sedikit. Dalam kondisi biasa gas nitrogen dan oksigen tersebut tidak dapat bereaksi tetapi dengan adanya kilat reaksi antara nitrogen dan oksigen dapat berlansung menghasilkan oksida nitrogen. Oksida nitrogen ini bereaksi dengan air hujan dapat menghasilkan asam nitrat. Ion nitrat termasuk zat yang dibutuhkan tumbuhan. Jadi dengan adanya kilat terjadi proses penyuburan tanah secara alamiah.

Tidak ada komentar: